Dorongan tak Sadar

"Atau apakah orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya mengira bahwa Allah tidak akan menampakkkan kedengkian mereka ? Dan lalu Kami menghendaki, niscaya kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dari nada bicara mereka dan Allah mengetahui perbuatan-perbuatan kamu".
(Q, 47, Muhammad, 29-30, Md.)

Kadang-kadang seseorang merasakan suatu keinginan atau dorongan yang tidak bisa diterima oleh hati kecilnya karena hanya akan mendatangkan ketidak tenangan pada dirinya. Ada orang yang tidak bisa melawan ketidak kesadaran itu tetapi ada orang yang mampu menundukkan dorongan itu hingga keinginannya itu tertahan dalam alam bawah sadarnya.

Tidak sedikit orang mengekspresikan keiinginan atau dorongan itu secara tidak sadar dalam bentuk kata yang terucapkan secara tidak sadar atau ucapan yang keliru.

Al-Quran sendiri juga telah menginsyaratkan tentang adanya ekspresi tidak sadar lewat kata-kata yang keliru, yang mengungkapkan tentang dorongan-dorongan dalam jiwa yang diusahakan oleh seseorang untuk dirahasiakan dan disembunyikannya seperti yang diisyaratkan oleh ayat tersebut di atas.