Katarsis

Rasanya belum puas kalau belum melampiaskan kejengkelannya dengan kata-kata yang telah lama dipendam dalam dadanya kepadanya. Penasaran.

Penyaluran, Kanalisasi atau Pelampiasan?
Apakah WIL atau PIL termasuk suatu katarsis?
Bisakah berbahaya kalau tidak tersalurkan?

Katarsis dilakukan sebagai manifestasi dari pelampisan rasa penasaran, sebagai contoh rasa kepenasarannya Osama, tetapi bukan bin Laden tetapi Osama bin Zaid (Usamah bin Zaid). Usama bin Zaid membunuh Murdas bin Nahik, seorang penduduk Fadak, padahal Murdas sudah menyatakan ‘Lailahaillah Muhammadur Rasulullah’. Usamah bin Zaid meyakini bahwa Murdas hanya pura-pura saja supaya selamat

Katarsis, teori pembersihan, yang mengatakan bahwa seorang anak bermain untuk membersihkan rohaninya. Teori ini dikemukakan oleh Tanley Hall, yang terkenal dengan teori katarsis.

Zakiah Daradjat (1983) menyatakan bahwa shalat, dzikir, doa dan permohonan ampunan kepada Allah merupakan pelegaan batin yang akan mengembalikan ketenangan dan ketenteraman jiwa.

Setiap orang membutuhkan sarana untuk berkomunikasi, baik dengan diri sendiri, dengan orang lain, dengan alam maupun dengan Tuhannya. Kemunikasi akan lebih dibutuhkan tatkala seseorang mengalami masalah atau gangguan kejiwaan. Shalat dapat dipandang sebagai proses pengakuan dan penyaluran, proses katarsis atau kanalisasi terhadap hal-hal yang tersimpan dalam dirinya.

Katarsis :

  • Hal mensucikan diri yg membawa pembaruan ruhani dan pelepasan diri dari ketegangan
  • Cara pengobatan terhadap orang yang terganggu jiwanya dengan menyuruhnya menumpahkan segala isi hatinya. Pelampiasan kekesalan