Singgasana Allah

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan bumi. Tiada dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan dan di belakang mereka. Meraka tidak tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Singgasana Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar
(Q, 2, Al-Baqarah, 255, Md.)

Surat ke 2, Al-Baqarah, 255 ini mashur dikenal dengan nama Ayat Kursi. Dinamakan demikian karena ayat tersebut membicarakan tentang Singgasana Allah dan menjelaskan sebagian dari sifat-sifat-Nya. Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain Dia, hanya Dia lah yang berhak disembah.

Tuhan-tuhan lain yang disembah oleh sebagian manusia dengan alasan tidak benar banyak sekali jumlahnya. Akan tetapi Tuhan yang sebenarnya hanyalah Allah semata-mata. Dia lah Yang Abadi, yang ada dengan sendiriNya, dan Dia pulalah yang selalu mengatur makhluk-Nya tanpa ada kelalaian sedikitpun.

STAIRWAY TO HEAVEN
Acara : Tadarus Tafsir
Hari/tgl. : Jum’at, 24 Jumadil Awal 1426 H/1 Juli 2005