Tanggung Jawab

... Bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya) Kemudian akan diberikan balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna...
(Q, 53, An-Najm, 38-41)

Masih tentang hari Kiamat. Pada hari kiamat setiap orang harus mempertanggung jawaban setiap perbuatan yang pernah dilakukannya ketika di dunia.

Tidak ada yang bisa melimpahkan tanggung jawabnya kepada orang lain. Setiap orang yang mengerjakan dosa karena kekafirannya atau karena kemaksiatannya maka dia sendiri yang memikul sendiri dosanya, dan tidak akan dipikul orang lain.

Di dunia saja, yang demikian itu, seseorang tidak bisa melimpahkan tanggung jawabnya kepada orang lain, kecuali jika ada soal-soal khusus yang sifatnya luara biasa, itu pun harus lewat prosedur yang panjang.

Ketika di dunia mungkin masih dapat diselesaikan, tetapi bagaimana kalau di akhirat kelak. Yang jelas berani berbuat harus berani bertanggung jawab. Oleh karena itu sesal dahulu pendapatan sesal kemudian tidak berguna…